Selasa, 11 April 2017

Moodle Part 2 - Cara Menambah User Pada Moodle

  Tidak ada komentar

Script Kiddies - Pada tutorial Moodle part 2 ini akan dijelaskan bagaimana
cara Menambah User Pada Moodle. Tujuan dari menambah user adalah untuk menambahkan orang - orang yang berpartisipasi di Website pembelajaran. Seperti guru, murid dan sebagainya. Tidak mungkin Website Pembejalaran ini hanya memiliki 1 user saja, pasti butuh user - user atau pengguna lain.

Di artikel akan dijelaskan 3 cara untuk menambah user yaitu dengan :
  • Melalui penambahan manual ( Menambah satu persatu )
  • Melalui Self Registration ( Daftar/Registrasi Sendiri )
  • Melalui Upload File ( Menggunakan File .txt )

I. CARA MENAMBAH USER MANUAL
Dengan cara Add Manual ini kita memasukkan data dari user satu persatu mulai dari Nama, Username, Password, Alamat dan Lain - Lain. Jadi kita harus teliti dalam menginputkan data.

1. Masuk sebagai administrator Moodle.
2. Masuk ke menu site Administration


3. Pilih Users -> Add a new user


3.  Masukkan data - data yang diminta dengan valid, Berikut data yang diminta sekaligus contoh isi yang diminta :
  • Username : guru_ips ( Username untuk login ) 
  • Chose a authentication method : Maksudnya pilih metode autentikasi penambahan user ini, berhubung kita menggunakan metode Manual pilih saja Manual accounts
  • Password : Guru_IPS1 ( Password harus memiliki Huruf besar dan kecil, ada huruf non-alphanumeric contohnya _ dan ada angka )
  • First Name : Adalah nama awal dari User
  • Suername : Adalah nama akhir dari User
  • Email Address : Alamat Email dari User
  • Email Display : Maksudnya apakah email dari User akan ditampilkan?
  • City/Town : Kota dari User tsb
  • Country : Negara Dari User tsb
  • Timezone : Zona waktu dari User
  • Description : Deskripsi Dari User Tsb
  • Sobat juga bisa menambahkan Gambar Profil dari User dengan cara drag gambar ke tempat yang disediakan

Jika sudah klik Create User

4. Selesai ~ Kita diarahkan ke halaman List User, sobat dapat mengatur data dari User tsb seperti menghapus, melihat, dan mengeditnya


II. CARA MENAMBAH USER DENGAN SELF REGISTRATION
Dengan Self Registration ini user dapat menambahkan datanya sendiri di Halaman Login Moodle. Jadi tidak perlu menambahkan satu per satu user cukup disuruh daftar sendiri saja :v . Dengan cara ini data yang dimasukkan pasti lebih valid karena user sendiri yang memasukkan data.

1. Masih di halaman site Administration.
2. Masuk ke Plugins -> Authentication -> Manage Authentication


3. Kita masuk ke halaman Manage Authentication. Lalu Scroll kebawah rubah pengaturan Self registration yang awalnya disabled menjadi Email-based Self-registration. Jika sudah scroll kebawah klik Save Changes.


4. Nah, jika ada orang yang ingin berpartisipasi dia bisa mendaftarkan dirinya secara langsung. Yaitu ketika dia masuk ke halaman login Moodle maka akan tertera tombol untuk mendaftarkan diri.



5. Jika ada user yang mendaftarkan diri admin akan dimintai konfirmasi apakah dia layak menjadi user. Caranya masuk ke Site administration -> Users -> Browse list of users Lalu klik confirm jika dia memang benar - benar layak untuk masuk sebagai user.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar