Rabu, 08 Februari 2017

Mengenal Format Data JSON Untuk Pertukaran Data

  Tidak ada komentar

PENGERTIAN
JSON singkatan dari Javascript Object Notation merupakan format pertukaran data yang ringan dan tidak tergantung dengan bahasa pemrograman apapun. Format JSON menggunakan gaya bahasa yang umum digunakan oleh bahasa pemrograman keluarga C termasuk C#,C++,Java,Javascript, dll. Oleh karna itu, JSON sangat cocok sebagai bahasa untuk pertukaran data. Oleh karena sifat-sifat tersebut, menjadikan JSON ideal sebagai bahasa pertukaran-data.
JSON terbuat dari dua struktur:
  • Kumpulan pasangan nama/nilai. Pada beberapa bahasa, hal ini dinyatakan sebagai objek (object), rekaman (record), struktur (struct), kamus (dictionary), tabel hash (hash table), daftar berkunci (keyed list), atau associative array.
  • Daftar nilai terurutkan (an ordered list of values). Pada kebanyakan bahasa, hal ini dinyatakan sebagai larik (array), vektor (vector), daftar (list), atau urutan (sequence).

STRUKTUR JSON
JSON terdiri dari dua struktur, yaitu objek dan array. Objek dalam javascript merupakan kumpulan pasangan nama dan nilai yang diawali dengan tanda { dan diakhiri tanda }. Sedangkan array merupakan daftar nilai berurutan yang diawali tanda { dan diakhiri tanda }.

PHP telah menyediakan fungsi untuk mengubah array menjadi format JSON sehingga akan memudahkan kita untuk mengirim data dengan format JSON pada aplikasi AJAX. Berikut contoh pengiriman data dengan format JSON.
$daftar_siswa = array();
$query = mysqli_query($mysqli, "SELECT * FROM siswa");
while($data = mysqli_fetch_array($query)){
     $daftar_siswa[] = $data;
}
echo json_encode($daftar_siswa);
Jika pada database ada tiga data, maka data JSON yang dikirim seperti berikut :
[{
     "0"            :"255012712";
     "nis"         :"255012712";
     "1"            :"Yogi Prasetyawan";
     "nama"     :"Yogi Prasetyawan";
},
{
     "0"            :"255012713";
     "nis"         :"255012713";
     "1"            :"Bima Zainudin";
     "nama"     :"Bima Zainudin";
 }]

KESIMPULAN
Jadi gampangnya JSON itu format pertukaran data yang ringan, mudah dibaca dan ditulis oleh manusia, serta mudah diterjemahkan dan dibuat (generate) oleh komputer. JSON merupakan format teks yang tidak bergantung pada bahasa pemprograman apapun karena menggunakan gaya bahasa yang umum digunakan oleh programmer keluarga C termasuk C, C++, C#, Java, JavaScript, Perl, Python dll. Yaa itu saja jika ada yang ditanyakan Monggo, Sekian Terima Kasih

Tidak ada komentar :

Posting Komentar