Senin, 02 Januari 2017

Membuat Portal Sistem Informasi BLC Telkom Klaten

  13 komentar

PENGERTIAN
Portal adalah salah satu jenis web yang digunakan untuk jendela awal untuk menuju ke link atau situs yang akan dituju. Di dalam portal juga kita bisa mengenal terlebih dahulu website apa yang ingin kita buka nantinya. Disini kita akan membuat portal dari awal, sebagai contoh disini saya akan share membuat portal menjadi seperti gambar di atas

LATAR BELAKANG
Pada Bulan Desember 2016 saya mendapatkan perintah oleh Mbah Suro Dhemit Untuk membuat portal BLC Telkom yang nantinya akan digunakan oleh siswa prakerin BLC Telkom agar lebih mudah untuk menemukan Repositry BLC maupun materi - materi lainya.

MAKSUD DAN TUJUAN
Untuk memudahkan siswa prakerin maupun peserta pelatihan yang berada di BLC Telkom untuk menemukan materi - materi penting maupun sistem informasi demi kepentingan

ALAT DAN BAHAN
 
TAHAP PELAKSANAAN
 1. Pertama sediakan file portal terlebih dahulu, disini saya menyediakan 3 file yaitu Images, Style dan Font ( Tidak perlu di localhost karena portal tidak membutuhkan file PHP, jadi cukup diproses oleh web browser saja tidak seperti PHP yang harus diproses lewat web server )


2.Sekarang kita buat buat file index.html dan mengisi script, berikut adalah script yang saya buat ori mulai dari 0 dan dengan bantuan Bootstrap


3. Saya meletakkan Bootstrap pada folder "style" dan membuat sebuah file yang bernama style.css yang berisi kode syntax CSS lain yang tidak ada dalam Bootstrap. ( Jika tidak tahu Bootstrap Silahkan Belajar Disini )


4. Berikut adalah isi dari file style.css


5. Saya juga mengisi file - file yang berfungsi untuk membuat portal semakin cantik seperti menambahkan gambar, memberi font


6. Berikut adalah tampilan portal yang berhasil saya buat
Riview : http://oke-bos.esy.es/PortalBLC/
KESIMPULAN
Untuk membuat portal sistem informasi menurut saya tidak terlalu rumit karena kita hanya membutuhkan file html dan CSS saja menurut saya cukup untuk membuat sebuah portal yang cukup menarik. Dan pada postingan ini memang tidak saya jelaskan apa arti dari setiap code diatas tetapi hanya untuk menyimpan hasil kerja saya. Jika sobat penasaran dengan tampilan portal tersebut silahkan kunjungi halaman berikut http://oke-bos.esy.es/PortalBLC/

Jika sobat ingin belajar bahasa pemrograman khusunya web silahkan lihat postingan - postingan saya yang lain atau dengan cara KLIK DISINI

13 komentar :