Rabu, 23 November 2016

Belajar CSS Part 3 : Mengubah Background Dengan CSS

  Tidak ada komentar

MENGUBAH BACKGROUND DENGAN CSS
Background atau Latar Belakang pada websire merupakan bagian yang wajib diperhatikan untuk membuat sebuah website yang menarik dan modern. Ada beberapa cara dalam mempercantik Background pada sebuah website. Yaitu dengan menggunakan background yang berupa gambar dan menggunakan background yang berupa warna dengan bantuan CSS. Property Background selian bisa merubah body halaman website bisa juga untuk merubah background pada elemen HTML.

CARA MENGUBAH BACKGROUND DENGAN CSS
Pada tutorial kali ini akan dijelaskan bagaimana cara merubah Background menggunakan CSS. Pertama siapkan dulu file htmlnya namai terserah sobat disini saya menamainya index.html dan buatlah file css disini saya menaiamnya style.css

MERUBAH WARNA BACKGROUND
Berikut cara merubah warna background perhatikan dan pahami

index.html

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Merubah Warna Background</title>
    <link rel="stylesheet" type="text/css" href="style.css">
</head>
<body>
    <h1>Tutorial mengubah warna background dengan CSS</h1>
    <h1>Script_Kiddies</h1>
</body>
</html>


style.css

body{
    background-color: red;
    color: white;
}

Hasilnya seperti berikut

Untuk merubah warna background saya gunakan " background-color: orange" jadi saya rubah backgroundya dengan warna orange, dan "color: white" adalah untuk merubah warna fontnya menjadi warna putih

MENGUBAH BACKGROUND DENGAN GAMBAR
OK Sekarang akan saya jelaskan bagaimana cara mengubah background sebuah website dengan menggunakan gambar. Pertama sobat harus menyediakan file gambar untuk dijadikan gambar pada website sobat. Disini saya sudah menyediakan gambar untuk saya jadikan background dan saya letakkan satu folder dengan file kerja saya agar tidak kebingungan nantinya. Nama file gambar saya adalah background.jpg


index.html

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Merubah Warna Background</title>
    <link rel="stylesheet" type="text/css" href="style.css">
</head>
<body>
    <h1>Background Gambar Dengan CSS</h1>
    <h1>Script_Kiddies</h1>
</body>
</html>


style.css

body{
    background: url(background.jpg);
    color: white;
}

Perhatikan syntax kode diatas, untu merubah gambar background menggunakan
background: url(background.jpg);

Hasilnya seperti berikut

Background berhasil dirubah, jika nama file gambar sobat bukan "background.jpg" maka rubah saja sesuai dengan nama file gambar sobat. Contoh nama file gambar sobat adalah bg1.png maka kode syntaxnya " background: url(bg1.png) " . Satu lagi usahakan file gambar satu folder dengan file kerja sobat agar tidak susah untuk menulis lokasi gambarnya

PENUTUP
Jadi kode syntax untuk merubah background dengan CSS adalah " background: " mudah bukan ? saran saya jangan copas script saya tadi tapi ketiklah satu persatu untuk mendapatkan pemahaman. Jika sobat mengalami masalah silahkan berikan komentar, Sekian Terima Kasih

Referensi : Malas Ngoding

TUTORIAL CSS LAINYA

Tidak ada komentar :

Posting Komentar