Minggu, 20 November 2016

Tutorial Mengganti Tema Linux Mint Menjadi Seperti Windows 10

  14 komentar

SCRIPT KIDDIES - Bagi sobat yang merasa bosan dengan tampilan linux sobat yang terlihat kuno atau sudah bosan melihat tampilan linux di pc sobat, disini saya akan menjelaskan bagaimana cara merubah tema Linux Mint Cinnamon menjadi seperti tema Windows 10. Pada tutor ini tidak hanya Linux Mint Cinnamon saja yang dapat menggunakan tema ini tetapi jika Linux Mint Mate juga dapat menggunakan tema ini. Berikut Tampilan temanya


Itulah sedikit Priview tampilan dari tema Windows 10. Selebihnya cek sendiri bro.. :v Oke akan saya jelaskan bagaimana cara menggunakan tema ini

ALAT DAN BAHAN
  1. OS Linux Mint Cinnamon / Mate
  2. Tema Windows 10 Download Disini
TUTORIAL PENGGUNAAN
1. Pertama siapkan dulu file Tema Windows 10
2. Extract arsip tersebut
3. Copy folder " Windows 10 Light " ke direktori home/.themes, berhubungan file .themes hidden alias tersembunyi tekan CTRL + H untuk menampilkan file tersebut


4. Copy Folder " Windows-10-icons " ke direktori home/.icon jika file .icon kita tidak perlu menekan CTRL + H karena tadi sudah kita unlock


5. Jika sidah kita klik Menu > Themes , jika sobat menggunakan Linux Mint Mate silahkan pilih Menu > Appearence > Costumize. Jika sudah tinggal kita atur dengan cara klik satu per satu menu dan pilih Windows 10 Theme. Lebih jelasnya perhatikan screenshot berikut

Klik satu per satu
Dan pilih Windows 10
Jika sudah diatur semua maka akan seperti ini
6. Di Folder sudah saya sediakan walpaper windows 10 jadi sobat tinggal mengatur wallpapernya agar lebih realistis


7. Tambahan agar tema sobat terlihat lebih bagus dan terlihat seperti Windows 10 silahkan klik kanan pada Menu > Configure > Lalu rubah iconya. Icon sudah saya sediakan didalam folder Tema

Centang pada Use Costum Icon lalu klik icon Gear
Cari dan pilih lokasi icon seperti pada gambar diatas

Oke sekarang tampilan Linux Sobat berubah seperti Windows 10 walaupun cara diatas agak rumit :v tapi setidaknya kita mendapatkan hasil yang bagus. Jika sobat masih mendapatkan kesulitan dalam melaksanakan tutorial diatas silahkan berikan komentar, Sekian terima Kasih

14 komentar :

  1. Wah Lumayan Nih Triknya, Thanks Bro (y)

    BalasHapus
  2. kalo masalah tampilan, linux mint emang paling bagus ya, dulu pernah pake, mantap juga kalo diganti temanya jadi windows 10

    BalasHapus
  3. wah jadi lebih keren ya tampilannya :D , thanks fo sharing gan :)

    BalasHapus
  4. Keren mas yogi
    temen saya sampai ketipu :v

    BalasHapus
  5. menurut saya, saya lebih nyaman pake win7.. lebih ringan dan simple

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dulu juga berpikiran seperti itu, Tapi saat saya pindah ke open source Linux jauh lebih nyaman dan aman linux dibandingkan windows :) (o)

      Hapus
  6. Pasti bermanfaat sekali nih untuk para pengguna linux, kalau saya kbetulan dah pakai win. 10 gan!

    BalasHapus