Rabu, 07 Desember 2016

Membuat Portal Sekolah Di Linux Mint

  6 komentar

PENGERTIAN
Portal web adalah situs web yang menyediakan kemampuan tertentu yang dibuat sedemikian rupa mencoba menuruti selera para pengunjungnya. Kemampuan portal yang lebih spesifik adalah penyediaan kandungan informasi yang dapat diakses menggunakan beragam perangkat, misalnya komputer pribadi, komputer jinjing (notebook), PDA (Personal Digital Assistant), atau bahkan telepon genggam.

LATAR BELAKANG
Saya ingin mencoba membangun Portal Sekolah sebagai pembelajaran saya. Walaupun hanya tampilan awalnya saja tetapi sudah cukup membuat saya pusing. Dan kali ini saya akan share bagaimana cara membuatnya dengan menggunakan CMS Portal.

MAKSUD DAN TUJUAN
Tujuan pembuatan Portal Sekolah ini adalah untuk memudahkan pengguna dalam mengakses website - website penting sekolah dan mudah mengetahui informasi tentang sekolah

ALAT DAN BAHAN
TAHAP PELAKSANAAN
1.  Pertama kita download terlebih dahulu CMS Portal Sekolahnya yang sudah saya sediakan link downloadnya diatas
2. Buka terminal dan ketikkan cd Downloads lalu ls untuk cek file CMS Portal yang kita download tadi


3. Setelah itu kita copy Portal.zip ke /var/www/html dengan mengetikkan " cp Portal.zip /var/www/html "


4. Kemudian kita masuk ke /var/www/html dengan mengetikkan cd /var/www/html lalu ls


5. Kita unzip dengan mengetikkan perintah " unzip Portal.zip "


6. Sedikit tambahan berhubungan nama folder yang kita download adalah portall bozz agar lebih mudah silahkan ganti saja nama tersebut, Disini saya menggantinya dengan nama Portall
7. Kita berikan hak akses dengan mengetikkan perintah " chmod 777 -R Portall "
8. Sekarang kita coba run pada web browser dengan mengetikkan localhost/Portall maka tampilanya seperti berikut


9. Jika sobat ingin merubah tampilanya silahkan buka file Portall lalu klik kanan open with Sublime Text ( Disini saya menggunakan text editor Sublime Text )
10. Kita rubah nama sekolah SMK Nawa Kartika menjadi nama sekolah kita, Pertama kita cari kata - kata SMK NAWA KARTIKA dengan menekan tombol CTRL + F pada sublime text dan ketikkan SMK NAWA KARTIKA


10. Ganti text tersebut, disini saya menggantinya dengan nama SMKN 01 MEJAYAN lalu save ( CTRL + S ) kita reload portalnya ( CTRL + R ) Maka akan berubah seperti berikut


11. Sobat harus mengerti bahasa pemrograman web kususnya HTML bisa sobat pelajari pada label HTML di blog saya ini, jika sobat rajin mengedit scriptnya maka tampilan Portal akan menjadi lebih maksimal sesuai keinginan sobat, Dan berikut adalah Portal yang berhasil saya buat

Berikut Tampilanya : http://portal-ku.esy.es/

KESIMPULAN
Itulah tutorial Membuat Portal Sekolah Di Linux Mint , Tutorial tadi hanyalah tampilan webnya saja dan tinggal kita isi seperti PPDB Online, E - Learning dan lain - lain. Dan seperti yang saya katakan diatas dengan adanya Portal ini kita dapat dengan mudah mengakses website - website sekolah, Tutorial Membuat Portal yang lebih detail Insya'Allah akan saya posting kembali pada hari yang akan datang, Sekian Terima Kasih

6 komentar :

  1. wah coba buat untuk windowsnya dong gan biar saya ikutan belajar juga kayanya bagus tuh penampilannya

    BalasHapus
  2. muter nyari cara ini akhirnya nemu jg

    BalasHapus
  3. Wah asik kalau bisa bikin portal sendiri gan

    BalasHapus